Minggu, 23 Oktober 2011

Tanaman Kacang Koro Pedang

Koro pedang tegak biji putih Canavalia ensiformis ( Jackbean )

Tanaman koro pedang dapat tumbuh sampai ketinggian 2000 m d.p.l, tumbuh baik pada suhu rata- rata 14 - 27 derajat celciusdi lahan tadah hujan atau 12 - 32 derajat celcius di daerah tropik dataran rendah.

Sistim perakaran tanaman tersebut sangat dalam sehingga dapat menjangkau persediaan kadar air tanah yang cukup pada kondisi permukaan tanah kering, atau pada lahan kering di musim kemarau tanaman ini mampu tumbuh dan berbiji dengan baik. dapat tumbuh baik di lingkungan suboptimal


Bentuk tanaman yang menyerupai perdu batangnya bercabang pendek dan lebat dengan jarak percabangan pendek dan perakaran termasuk akar tanggung. Bentuk daun trifoliat dengan panjang tangkai daun 7-10 cm, lebar daun sekitar 10 cm, tinggi tanaman dapat mencapai 1 meter. Bunga berwarna kuning, tumbuh pada ketiak/buku cabang.

Bunga termasuk bunga majemukdan berbunga mulai umur 2 bulan hingga umur 3 bulan. Polong dalam satu tangkai berkisar 1 ñ 3 polong, tetapi umumnya 1 polong/tangkai.Panjang polong 30 cm dan lebar 3,5 cm, polong muda berwarna hijau dan polongh tua berwarna kuning jerami. Biji berwarna putih dan tanaman koro dapat dipanen padaumur 4-6 bulan.
Kandungan protein biji koro pedang  (27,4 %),Budidaya tanaman koro pedang sangat mudah, dapat tumbuh baik di lingkungan suboptimal. Dimanfaatkan sebagai pengganti kedelai.

0 komentar:

Posting Komentar